1. Yungang Grottoes, China



Gua ini di mulai dari tahun 450 M pada zaman Dinasti Wei Utara, Gua ini terletak pada kota Datong,
Yungan juga salah satu gua terpenting di Cina selain gua Lonmen dan gua Mogao. Gua Yungang memiliki kurang lebih 252 gua dan 51.000 patung berciri khas agama agama budha dari abad 5 dan 6 M.
Gua ini termasuk gua yang mempunyai sejarah yang panjang. Mulai dibangun setelah dinasti Jin turun tahta, Maka kota Datong dulu dikenal dengan Pincheng maka Notrhtern Wei mengambil alih dan mulai membangun gua ini.
Tetapi gua pasir ini mengalami pelapukan yang cukup drastis, Sehingga pada zaman eras dinasti Liao, Mengadakan pembaharuan besar besaran. Walaupun akhirnya hancur lagi oleh api 60 tahun kemudian. Ditahun 1621. Selamat awal pemerintahan dinasti Qing, beberapa konstruksi kayu tersisa diselamatkan.


2. Petra, Yordania





Gua Petra, sebagai satu dari  keajaiban dunia yang memiliki pola bentuk yang sangat indah untuk di lihat maupun di tempati. tidak heran jika lokasi ini pernah di pakai untuk membuat film Indinana Jones pada tahun 1989.
bangunan ini di dalam lereng gunung Hor, Petra berkembang pada saat zaman Romawi, tetapi tidak di ketahui oleh dunia barat sampai 1812 ketika di temukan oleh salah satu penjajah dari Swiss.
Lebih dari 800 monumen dapat dilihat di dalam gua petra, termasuk malam, tempat mandi, dan ruang pemakaman


3. Abu Simbel Nubian Monuments, Egypt






Abu Simbel ini merupakan kuil yang di Nubia, Terletak tepatnya di barat Danau Nasser, sekitar kurang lebih 230 km barat daya dari Aswan. Gua ini bagian dari situs warisan dunia Unesco yang di kenal dengan Monumen Nubia
Sebagai monumen abadi untuk dirinya dan ratu Nefertari. selain itiu peringatan kemenangan dalam pertempuran Kadesh juga untuk mengitim negara negara tetangga.
Kuil sempat dipindahkan pada tahun 1968 agar tidak terendam selama proses pembuatan waduk Nasser setelah di bangunnya Bendungan Aswan. Sebagai satu situs warisan dunia.


4. Rock Hewn Churches Of Lalibela, Ethiopia




Gua ini di ukir dari batu yang sangat menakjubkan adalah gereja gereja Lalibela, 11 batu di pahat masing masing dengan atap di permukaan tanah, Pada saat abad ke 12 Raja Lalibela ditugaskan gereja gereja dengan tujuan untuk menciptakan Yerusalem baru bagi mereka yang tidak bisa melaksanakan zarah ke kota aslinya mereka. Ukiran batu terbesar tersebut berdiri setinggi sekitar 40 meter.


5. Cappadocia Cave Houses, Turkey






Pada saat masa masa Herodotus, Kappadokia menduduki wilayah gunung hingga Euxine. Pada masa pra helenistik, wilayah ini jadi tempat bermukim orang orang Persia, Asyur dan juga Yunani. Barulah saat kesultanan Bizantium berkuasa, orang Turki menjadi penduduk setempat di wilayah ini.
Cappadocia memang memiliki pemandangan yang paling aneh dan menarik di seluruh dunia. Tanah batu kredil fitur formasi batuan tufa vulkanik aneh disebut dengan sebagai Fairy Chimneys serta kota kota bawah tanah.

inilah 5 gua terunik dan bersejarah yang kami rangkum, salam dari Pokerbola.net

Posting Komentar