Jadwal kereta api (KA) dari dan menuju Jakarta serta kota-kota lain di Pulau Jawa hingga pagi ini kacau akibat anjloknya kereta barang di Stasiun Cikaum, Kabupaten Subang, Jawa Barat. PT KAI meminta maaf atas hal ini.
Kereta yang anjlok di Stasiun Cikaum ini sudah dievakuasi. Namun dampaknya, jadwal kereta jadi berantakan hingga menyebabkan keterlambatan dan penumpukan calon penumpang di berbagai stasiun.
"Untuk keterlambatan KA-KA tujuan Jakarta atau sebaliknya terjadi dikarenakan adanya kendala pada jalur di wilayah Cikaum. Saat ini hanya 1 jalur yang dapat dilalui, sehingga KA-KA yang melintasi jalur tersebut melintas secara bergantian dan berdampak pada antrean, trims," jelas PT KAI lewat akun Twitter resminya @KAI121 seperti dilihat detikcom, Senin (31/10/2016) pukul 02.44 WIB.
Akibat 1 jalur KA wilayah Cikaum harus dilalui secara bergantian, jadwal kereta jadi berantakan. Dalam kondisi normal Cirebon-Jakarta ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam, namun karena anjloknya kereta barang di Stasiun Cikaum membuat waktu tempuh melebihi 3 jam.
Salah satu kereta yang mengalami keterlambatan cukup parah adalah Kereta Tawang Jaya tujuan Semarang Poncol, Semarang, Jawa Tengah. Kereta yang dijadwalkan berangkat pukul 23.00 WIB, pada pukul 04.06 WIB masih berada di Stasiun Senen.
"Jika yang dimaksud keberangkatan KA #TawangJaya rute Pasar Senen-Semarang Poncol, saat ini masih di Stasiun Pasar Senen. Trims," tulis akun @KAI121 pukul 04.06 WIB.
Selain itu, banyak juga penumpang yang mengeluhkan kepada PT KAI terkait kompensasi atas keterlambatan selama lebih dari 3 jam. Salah seorang penumpang menanyakan service recovery dari PT KAI karena Kereta Tegal Bahari yang dinaikinya perlu waktu 9 jam dari Cirebon menuju Jakarta.
"@KAI121 #ServiceRecovery pembohongan publik. Mana ada? Cirebon-Gambir pake #tegalbahari 9 Jam," tulisnya.
PT KAI pun menjelaskan bagaimana prosedur service recovery. Para penumpang bisa langsung ke kereta makan untuk melakukan service recovery tersebut di tiap kereta.
"Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, #ServiceRecovery dalam pelaksanaannya dikoordinir oleh masing-masing restorasi kereta api tersebut. Penumpang disarankan menghubungi Customer Service on train atau restorasinya langsung, trims," balas akun PT KAI.
"Kami informasikan, apabila KA yang dinaiki mengalami keterlambatan lebih dari 3 jam, penumpang akan diberikan kompensasi berupa makanan dan minuman disesuaikan dengan kelas KA yang digunakan, trims," tulis akun PT KAI menjawab berbagai keluhan.
Posting Komentar